Rabu, 14 Januari 2009

Nongolin Lagi Folder yg Hilang Karena Virus

Kadang bete ya, kalo folder di flash disk kita hilang karena kemakan virus. Kadang ekstensinya berubah jadi .exe dan tipenya juga jadi application. Ya mau gak mau kita harus hapus file-file itu. Tapi tau gak, sebenernya yang kita hapus itu “hanya virusnya”. Folder kita yang sebenernya ada kok, gak hilang. Kalo mau munculin lagi, bisa… Virus-virus itu hanya men-hide mereka, dan menggantinya dengan virus mereka, biar kita terkecoh dan mendoubleklik virus mereka. Pinter ya?

Kadang juga virus-virus yang kayak gitu gak ketangkep di AVG (pengalaman gue sendiri). Kayak virus astree, gak bisa di-detect di AVG. Jadi harus hapus secara manual.

Caranya, kita tinggal masuk ke Command Prompt. Lalu ketik directory flash disk yang mau kita munculin lagi folder-foldernya. Bis itu, masukin kode:
attrib -s -h *.* /s /d
Proses ini gak butuh waktu lama buat flash disk yang gak terlalu banyak isinya. Ya…kayak proses format lah…

CONTOH :
Misalnya gue punya flash disk yang ada di F:
Pas gue masuk ke Command Promt, ya gue ketik F:
Abis itu gue ketik attrib -s -h *.* /s /d
Kalo udah nongol F: lagi, berarti proses udah selesai
Semua file yang ke-hidden nongol lagi deh…

Abis itu pasti semua folder loe nongol, kan? Gak cuma folder loe yang nongol, tapi juga pembangkit dari virus itu juga nongol dan harus loe hapus. Hapus aja semua file yang loe rasa gak pernah masukin itu ke flash disk loe. Gue rasa itu “tetek-bengek” dari virus tsb.

0 komentar:

 
;